Skip to content

Resensi Novel : Newt Project

September 12, 2013

Resensi Novel (Newt Project) 1

Resensi Novel : NEWT PROJECT

Oleh : J. Haryadi

Judul Buku                  : Newt Project

Penulis                         : Nene (Ngesti Yuhana)

Editor                           : Pustaka Jingga

Desain Cover             : Nur Hanifah

Desain Layout           : Novela Nian

Kategori                      : Novel (Non Fiksi)

Ukuran Buku             : 14.75 X 21 Cm

Jumlah Halaman      : 284 halaman

Cover                           : Soft Cover

Penerbit                      : Pustaka Jingga – Lamongan

ISBN                             : 978-602-7880-50-8

Tahun Terbit              : 2013

Harga                           : Rp.40.000,-

 

Novel berjudul “Newt Project” ini merupakan termasuk karya anak bangsa yang patut diperhitungkan. Sangat jarang seorang novelis yang mau dan mampu menulis kisah berlatar belakang science fiction (fiksi ilmiah) secara menarik, ringan dan enak dibaca. Hal ini tentu juga tidak terlepas dari latar belakang penulisnya, Nene (Ngesti Yuhana) yang merupakan lulusan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) di Purwokerto – Jawa Tengah.

Pembukaan cerita di novel ini diawali dengan kisah 3 orang sahabat karib yaitu Bumi, Juli dan Jena. Mereka bertiga terbangun di rumah mereka tetapi bukan ditempat tidur sebagaimana mustinya, melainkan ditempat yang tidak lazim. Bumi terbangun di lantai kamarnya, juli terbangun di halaman samping rumahnya, sedangkan Jena, saudara kembar Juli terbangun di kamar mandi orangtuanya. Kejadian tersebut merupakan awal dari perjalanan ketiga mahasiswa tersebut untuk mengungkap misteri yang ada dibalik kejadian yang menimpa mereka.

Selain ketiga sahabat yang sama-sama ikut dalam proyek penelitian Prof. Agus di kampus mereka, ada juga tokoh lain yang cukup berperan dalam kisah tersebut yaitu Joko, Davin, dan Jessie. Joko merupakan sahabat dekat Bumi, seorang pria pendiam, low profile, cerdas dan kaya raya yang pekerjaannya adalah membuat pesanan senjata rahasia untuk keperluan polisi dan detektif swasta dari penjuru dunia. Davin merupakan kakak kelas mereka bertiga yang kebetulan sedang menyelesaikan pascasarjananya dan sering memakai laboratorium mereka untuk penelitiannya. Sedangkan Jessie, wanita cantik yang wajahnya sulit dibedakan dengan si kembar Juli dan Jeni adalah manusia kloning, produk ilegal dari Newt Project dengan kode produksi JP-177.

Newt Project sendiri sebenarnya merupakan nama sebuah proyek raksasa milik Pramono, ayah biologis si kembar Juli dan Jena. Proyek yang dipimpin oleh 7 orang ilmuan ini telah menghabiskan dana trilyunan rupiah dan dibangun di sebuah pulau kecil bernama Newton, yang terletak ditengah samudra Hindia. Disini dibuat sebuah proyek penelitian untuk menghasilkan obat dan vaksin yang dijaga dengan pengamanan yang super ketat. Pramono membangun proyek ini sebagai obat duka atas kematian putranya, Newton.

Semula tujuan Newt Project bermaksud baik yaitu untuk menyelamatkan manusia dari serangan virus yang berbahaya. Belakangan terjadi penyimpangan akibat ambisi dan persengkongkolan antara Direktur Newt Project, Riyanti dengan Romy, selingkuhannya, yang sama-sama ingin menguasai Newt project. Mereka memanfaatkan hasil kloning manusia bukan saja sebagai kelinci percobaan terhadap virus, melainkan juga sebagai tenaga kerja gratis yang tidak perlu dibayar. Kekacauan terjadi sejak kaburnya salah seorang kloning dengan kode produksi JP-177 ke luar pulau.

Riyanti yang tak lain adalah saudara satu bapak lain ibu dari Pramono, mempunyai suami bernama Hendri. Namun wanita cantik berusia 42 tahun yang awet muda itu sudah rusak moralnya sejak mengenal Romy, selingkuhannya. Berbagai cara dilakukan oleh Riyanti untuk menguasai Newt Project, termasuk dengan mengajak tidur beberapa pria yang menjadi petinggi disana. Davin adalah salah satu korban ambisi dan kelicikan dari wanita ular ini.

Disamping novel ini penuh dengan petualangan, tipu muslihat, pembunuhan, benci dan dendam, namun didalamnya juga terdapat kisah roman. Seperti misalnya hubungan unik antara Juli, Bumi dan Jena. Si kembar Juli dan Jena sepertinya sama-sama menyukai Bumi, begitu pula sebaliknya Tetapi sejak kehadiran Davin, pandangan Jena mulai bergeser ke pria yang menjadi kakak kelasnya itu. Disisi lain, Riyanti, Direktur Newt Project yang juga tantenya si kembar Juli dan Jena berusaha menaklukkan Davin. Uniknya lagi, Romy, kekasih gelap Riyanty ternyata masih mencintai Prisa, pimpinan di Dome 13.

Bagaimana kisah petualangan selanjutnya dari Bumi, Juli, Jena dan Joko ? Berhasilkan mereka menguak misteri yang menimpa mereka bertiga ? Apa saja proyek rahasia yang ada di Newt project ? Berhasilkan Riyanti menguasai Newt Project ? Bagaimana kisah cinta segitiga antara Riyanti, Romy dan Prisa ?

Jangan sampai Anda tidak mengoleksi novel bagus ini. Saya jamin Anda merasa seakan-akan sedang nonton film Science Fiction ketika membacanya Silahkan temukan jawabannya dalam novel “Newt Project” terbitan Pustaka Jingga ini. Anda bisa memesannya langsung ke penulisnya dengan menghubungi email :

Ngestiyohana@rocketmail.com atau inbox ke akun Facebook : Ngesti Yohana.

Selamat membaca, semoga bermanfaat …!

 

***

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: