Skip to content

Resensi Buku : Nasehat “Gila” ATOK KULOP

September 5, 2013

Atok kulop 4

Nasehat “Gila” ATOK KULOP

Oleh : J. Haryadi

 Judul Buku                     : Nasehat “Gila” ATOK KULOP

Penerjemah                   : Ahmadi Sofyan

Editor                               : Muammar al-Hijazi

Layout dan sampul     : MN Jihad

Kategori                          : Non Fiksi

Ukuran  Buku                : 14 X 20.5 Cm

Jumlah Halaman          : 140 halaman

Cover                               : Soft Cover

Penerbit                          : Aynet Publishing – Yogyakarta

Tahun Terbit                  : 2013

Harga                               : Rp.35.000,-

 

Ada banyak cara untuk menghilangkan kejenuhan, rasa letih atau pun stress yang diakibatkan rutinitas pekerjaan sehari-hari, diantaranya adalah dengan membaca buku. Tentu saja Saya tidak menyarankan Anda membaca buku serius dan berat, melainkan buku ringan yang penuh dengan humor, seperti buku berjudul “Nasehat Gila Atok Kulop” karya Ahmadi Sofyan, seorang penulis muda berbakat yang berasal dari Negeri Laskar Pelangi ini.

Buku setebal 140 halaman, bersampul kuning dengan gambar seorang kakek tua sedang memegang laptop ini dijamin bisa mengocok perut Anda. Banyak sekali lelucon segar didalamnya, ditulis secara ringan dan bebas, tanpa terjebak dengan aturan menulis yang terkesan kaku dan membosankan. Lebih asik lagi jika membacanya sambil meneguk segelas kopi atau secangkir teh kesukaan Anda, serta ditemani cemilan seperti pisang goreng hangat, ubi rebus atau keripik pisang yang renyah. Saya yakin tak terasa cemilan tersebut habis berpindah ke perut anda dan buku pun habis dilalap tanpa terasa.

Belum banyak orang yang mampu dan mau membuat buku dari kumpulan status di media sosial semacam Facebook (FB), seperti yang dilakukan oleh Ahmadi Sofyan. Ide penulis ini sangat berilyan, kreatif dan menghibur. Biasanya status FB cenderung berisi kata-kata atau kalimat kosong, asbun (asal bunyi) dan kurang manfaat, namun ditangan Ahmadi, setiap kata-kata bisa diolahnya menjadi sesuatu yang ajaib, segar, menarik dan bermakna. Kepiawaian Ahmadi mengolah kata tentu tidak terlepas dari latar belakangnya yang sudah sering menulis sejak dia masih duduk dibangku kuliah.

Celotehan Ahmadi dalam buku ini tidak semata menghibur pembacanya, namun ada juga yang sarat dengan makna yang bisa kita renungkan dan diambil hkmahnya. Misalnya saya kutip beberapa  isi bukunya :

  • Belajar hidup dari buah (halaman 25). Jadilah duren jangan kedondong. Duren walaupun luarnya penuh duri tajam tapi dalamnya lembut dan manis, sedangkan kedondong luarnya mulus, tapi dalamnya berbiji dan berduri serta asam rasanya.

Pesan moralnya : Jangan menilai seseorang dari luarnya.

  • Jadilah buah dada, selain bermanfaat buat anak, disukai pula sama bapaknya.

Pesan moral : Hidup harus bermanfaat buat orang lain.

  • Suatu hari Atok nggak sengaja menemukan majalh porno di kamar cucu. Iseng Atok liatin lembar perlembar dari majalah tersebut, sambil geleng kepala Atok bilang, “ya Allah ….”. (halaman 40)

Halaman kedua, sambil geleng kepala juga, “Ya Tuhaaan ….

Halaman ketiga, “Ya Robbiii …..

Halaman terakhir, Yaaa ..Habis!

Selain itu, buku yang dibuka dengan Kata Pengantar dari Walikota  Pangkalpinang ini juga berisi beberapa pantun khas Melayu yang isinya juga mengandung pesan moral. Misalnya pantun berjudul “Bupati dan Goreng Ubi” yang berisi sindiran prilaku pejabat yang mengunjungi (ingat) kepada rakyatnya ketika butuh saja (karena mau Pilkada). Juga ada pantun berjudul “Malam Minggu” yang menyindir prilaku berpacaran anak muda zaman sekarang yang cenderung bebas dan tidak beretika.

Menurut saya, buku ini akan lebih menarik lagi jika dicetak menggunakan jenis kertas yang lebih baik (bukan kertas hvs) serta memakai jenis  font yang variatif, baik jenisnya maupun ukurannya, jangan menggunakan jenis font standar. Kalau bisa isinya lebih nasional (jangan hanya berkisah di seputar Bangka dan Belitung) dan disusun berdasarkan tema, sehingga pesannya lebih mengkristal dan lebih mudah dicerna.

Terlepas dari itu semua, buku ini terbilang menarik, menghibur dan pantas untuk Anda baca. Jika Anda berminat, silahkan temukan buku ini di seluruh jaringan toko buku di kota Anda.

Selamat membaca, semoga bermanfaat …!

 

***

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: