Skip to content

Resensi Buku : 17 Strategi Jitu Sukses Kuliah Di Perguruan Tinggi

November 20, 2011

Resensi Buku

Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa Unggul

Oleh : Ayu (Mahasiswi Universitas Pasundan – Bandung)

 

Judul Buku      : 17 Strategi Jitu Sukses Kuliah di Perguruan Tinggi

Pengarang       : J. Haryadi

Kategori           : Non Fiksi

Ukuran             : 14 X 21 Cm

Halaman          : XVI + 264 halaman

Cover                : Soft Cover

Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo

ISBN/EAN       : 9786020010311 / 9786020010311

Terbit                : 19 September 2011

Harga                : Rp.47.800,-

Dalam setiap perubahan yang terkjadidi tengah masyarakat, disana selalu hadir sesosok peran intelektual muda mahasiswa. Selain sebagai penyambung lidah rakyat, ia pun harus menunjukkan bahwa di bidang akademik, mereka pun sukses.

Namun, pada beberapa fakta yang bisa kita lihat, banyak mahasiswa akhirnya terganjal dalam penyelesaian tugas akhir, bahkan kandas ditengah jalan. Situasi seperti ini tentu tidak diharapkan. Oleh karena itu, mahasiswa harus punya persiapan matang dan strategi khusus untuk mengatasi segala hambatan.

Buku ini mampu meberikan varian informasi tentang kehidupan kampus yang sesungguhnya. Menarik sekali beberapa testimoni yang diberikan tentang buku ini. Diantaranya adalah Gunarto Latama, Seorang dosen di Universitas Hasanudin mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang gagal kuliah karena berbagai alasan, bisa karena faktor ekonomi, tidak bisa mengatur waktu dengan baik, atau karean salah pergaulan. Buku ini bisa membantu Anda mengatasi haltersebut sekaligus bisa membimbing Anda agar terhindar dari berbagai hambatansehingga Anda bisa berhasil dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Buku ini ibarat kerupuk yang begitu renyak, yang dapat mebangkitkan selera makan Anda. Ketika dibaca, andrenalin anda bisa meningkat karena isinya penuh semangat dan dapat memotivasi diri Anda menjadi mahasiswa yang unggul. Anda boleh membacanya dari bagian mana saja yang Anda suka, semuanya bermanfaat. Jadi, sangat disayangkan kalau mahasiswa tidak memiliki buku ini, demikian komentar Supandi Halim, seorang dosen di Jakarta.

Menurut penulis Wahyu Saidi, jarang ada buku bimbingan belajar di perguruan tinggi yang sedemikian lengkap, mudah dicerna dan bersahabat seperti buku karya J. Haryadi ini. Kebanyakan buku sejenis biasanya penuh dengan teori yang membuat mahasiswa malas dan bosan membacanya. Buku ini begitu menarik, berisi pengalaman penulisnya sendiriyang bisa langsung dipraktikkandan sangat bermanfaat, terutama bagi calon mahasiswa, dan mahasiwa baru yang masih belum berpengalaman dalam kehidupan di perguruan tinggi.

Pada bagian pertama, pembaca akan diajak untuk beradaptasi dengan llingkungan baru di kampus. Suasana belajar di kampus tentu berbeda 180 serajat ketika masih di SMA. Lingkungan baru ini menuntut untuk mandiri dan cepat beradaptasi. Justru pada tahap ini dibangun fondasi yang menjadi prioritas utama dan amat penting dibahas. Pada bagian ini pula pembaca akan diajak untuk menata diri, dan membangun kepribadian. Mulai dari kebiasaan bangun pagi, membuat agenda harian, memilih teman kuliah, sampai bagaimana tips dan trik untuk mengatur keuangan.

Pada bagian kedua, penulis akan mengajak kita untuk tidak terjebak dengan rutinitas kehidupan kampus. Adalah sangat berbahaya jika kita jadi terlena dan terbuai dengan suasana kampus yang begitu menggairahkan dan berwarna. Tugas kuliah yang banyak kadang menyita wajtu dan energi. Kontrol rutinitas dengan aktivitas lain di luar kuliah seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kegiatan kemahasiswaan, seminar, talk shaw, kursus bahasa, komputer, menulis buku, atau menonton pertunjukan seni.

Pada bagian selanjutnya, secara bertahap pembaca akan terus diajak mengisi hari-hari dengan berbagai kegiatan yang positif, Menjadi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Dengan menggunakan strategi yang tepat, dapat lulus tepat waktu dengan bekal ilmu dan pengalaman yang cukup sehingga memiliki nilai tambah dan lebih berpeluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dibandingkan dengan rekan mahasiswa yang lain. Secara mendalam, hal ini dikupas oleh penulis di strategi bagian ke-17 dengan tema sentral Mencari Kerja atau Menerima Kerja.

Buku terbitan PT. Elex Media Komputinda setebal XVI+264 halaman ini layak dibaca oleh kalangan pelajar kelas XII SMA, mahasiswa baru, dosen pembimbing studi di perguruan tinggi dan para orang tua yang memiliki anak mahasiswa. Buku ini bisa anda peroleh di berbagai Toko buku Gramedia, Tisera, Gunung Agung dan toko-toko buku lainnya di seluruh Indonesia seharga Rp.47.800.

Selamat membaca, semoga bermanfaat …!

 ***

One Comment leave one →
  1. karsono permalink
    December 20, 2011 4:57 am

    sangat menyukai hal-hal yang bermanfaat bagi kita sehingga kita dapat menalani hidup dengan suka cinta dengan banyak menbaca kita akan simakin terbuka wawasan dan cakrawala pikiran yang memicu kemajuan diri dan kemajuan pemikiran
    semoga dengan kita semakin mengambih hikmah maka akan dapat memanfaatkan potensi yang adadalam diri kita yang akan semakin berkembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: