Skip to content

Resensi Novel “MIMPI JAMEELAH”

November 15, 2011

Resensi Novel

“MIMPI JAMEELAH”

Oleh : Novalia Harnum

Judul Novel   : Mimpi Jameelah

Pengarang      : Vanny Chrisma W.

Kategori          : Fiksi

Ukuran            : 12 X 19 Cm

Halaman         : 320 halaman

Cover               : Soft Cover

Penerbit          : FlashBooks

Terbit               : 2011

Harga              : Rp.38.000,-

Suatu hari seperti biasanya, gadis miskin bertubuh bongkok itu pergi mencari kantung plastik. Dia lalu duduk di depan teras sebuah rumah makan Cina, sambil memperhatikan seorang pria yang baru saja keluar dari sana sambil menenteng kantong plastik baru bermerk berwarna merah. Gadis itu langsung menghampiri pria tersebut, dengan maksud untuk meminta kantung plastik yang dibawanya, namun justru bukan plastik yang didapatnya melainkan celaan dan hinaan yang luar biasa.

Saat itu Jameelah sedang menggayuh sepeda untuk mengantarkan jahitan ke salah satu pelanggan ayahnya, sambil mencari-cari kantung plastik yang disukainya. Tiba-tiba ia menemukan sebuah buku bergambar katak hijau yang sudah langka jenisnya. Dia tertarik dengan gambar katak itu dan segera mengambilnya untuk dibawa pulang. Saking senangnya, Jameelah tidak lagi memperhatikan laju sepedanya, sehingga sebuah mobil berkecepatan tinggi menabraknya. Akibat kejadian ini dia sempat mengalami kelumpuhan.

Sejak menemukan buku tersebut, Jameelah sering bermimpi yang aneh-aneh. Kadang-kadang ia bermimpi tentang katak hijau cacat yang ingin mengubah kehidupannya. Kadang-kadang juga ia bermimpi melihat air yang selalu mengitari tubuhnya. Semua mimpi tentang katak hijau itu sangat berpengaruh terhadap kehidupannya.

Buku karya Vanny Chrisma yang berjudul “Mimpi Jameelah” ini sangat menarik untuk dibaca, terutama oleh kalangan remaja. Hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini diantaranya adalah perjuangan Jameelah untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik, penuh liku-liku dan godaan yang menyesatkan, namun ia tetap bisa  menjaga keimanannya.

Bagaimana pula kisah Jameelah ketika bertemu dengan Falun, anak semata wayang dari Nyonya Dicta dan Tuan Jordan yang kaya raya ? Apa hubungan antara Jameelah dengan perempuan yang nekat mengorbankan anak kandungnya kepada Sang Iblis, demi kecantikan abadi dan harta yang berlimpah ?  Masih masih banyak lagi rentetan misteri yang belum terungkap yang ada dalam novel terbitan Flashbooks setebal 320 halaman ini. Buku ini bisa anda dapatkan di TB. Gramedia, TB. Gunung Agung, TB. Tisera dan toko-toko buku lainnya di kota anda.

***

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: