Skip to content

Resensi Buku : 13 Kesalahan Terbesar Dalam Berbisnis

October 16, 2011


13 Kesalahan Terbesar Dalam Berbisnis

Belajar dari Kesalahan & Kegagalan Untuk Meraih Kesuksesan

Oleh : J. Haryadi

Judul Buku     : 13 Kesalahan Terbesar dalam Berbisnis

Penulis            : Ariyanto M.B.

Kategori           : Buku Bisnis

ISBN               : 978-979-29-0981-4

Ukuran           : 12 X 19 Cm

Halaman         : 114 halaman

Cover              : Soft Cover

Penerbit           : Penerbit CV. Andi Offset (Penerbit Andi)

Terbit               : 2009

Harga              : Rp.

Keberhasilan seorang pengusaha dalam berbisnis, sering menjadi inspirasi banyak orang. Banyak orang ingin meniru keberhasilan para pengusaha sukses dengan mempelajari dari sisi manisnya saja.  Berbagai langkah jitu yang dilakukan para pengusaha tersebut banyak yang ditiru, padahal langkah tersebut belum tentu cocok jika diterapkan. Sangat jarang orang mau belajar dari kesalahan atau kegagalan yang pernah dilakukan para pengusaha sukses. Padahal untuk meraih kesuksesan, setiap pengusaha pasti mengalami kesalahan atau kegagalan, sebelum akhirnya mereka berhasil mengatasinya dan keluar sebagai pemenang. Ternyata, tidak ada salahnya kita belajar dari kegagalan atau kesalahan yang pernah dilakukan oleh para pengusaha sukses dengan tujuan agar kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan tidak ikut terjerumus atau mengalaminya.

Saya sangat mengenal Ariyanto M.B. Sebagai seorang konsultan bisnis yang sangat berpengalaman. Karyanya yang berjudul “13 Kesalahan Terbesar Dalam Bisnis : Belajar dari Kesalahan dan Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan” ini patut di acungi 2 jempol. Apa yang diungkapkannya dalam buku ini merupakan masalah yang yang sering dihadapi  kliennya, bahkan diantaranya adalah pengalaman pribadinya sendiri.  Kini penulis buku best seller “Modal Dengkul Untung Sebakul” tersebut mencoba berbagi pengalaman kepada pembaca, terutama para pebisnis yang baru mulai memasuki dunia bisnis. Tujuannya adalah agar pembaca bisa belajar dari kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis sehingga hal-hal “konyol” tak perlu dilakukan lagi agar bisa melaju dengan cepat menjadi pebisnis ulung.

Mantan pemimpin redaksi sebuah harian bisnis di Bogor ini mengatakan, banyak orang yang terjebak dengan kesalahan sehingga mereka gagal menjalankan bisnisnya, akibat pelaku bisnis salah menyikapi dan menerapkan apa yang dikatakan para motivator bisnis. Misalnya saja kisah rekannya yang pernah 8 tahun tinggal di Amerika dan bekerja sebagai Chef di sebuah restoran masakan Eropa. Ketika ia kembali ke Indonesia, teman Ariyanto tersebut mencoba peruntungannya dengan berbisnis jual-beli mobil dan motor. Usaha tersebut ternyata tidak berlangsung lama dan akhirnya gulung tikar. Kesalahan tersebut terjadi karena ia tidak begitu menguasai bisnis tersebut. Seharusnya dia berbisnis restoran saja karena ia sangat menguasainya.  Ia lalu kembali ke  Amerika untuk menjadi Chef seperti dulu.

Pada bagian lain Ariyanto menceritakan kesalahan yang dilakukan para pebisnis karena salah dalam memilih lokasi usaha. Misalnya saja ada tawaran tempat usaha yang murah sehingga kita tergiur untuk menyewanya tanpa mau memperhitungkan apakah lokasi tersebut cocok dengan jenis usaha yang akan kita jalankan. Akibatnya tentu saja fatal, omzet yang diharapkan tidak tercapai dan usaha menjadi macet.

Masih banyak hal-hal menarik yang bisa anda dapatkan dari buku setebal 114 halaman ini. Menurut saya, para pelaku bisnis layak memiliki buku ini, terutama bagi para new comer di bidang bisnis yang belum memiliki banyak pengalaman.

Saya jamin tidak perlu mengerutkan kening ketika membaca buku ini, karena bahasanya begitu santai dan mudah dicerna. Ariyanto memang sangat piawai dalam menyampaikan pesan kepada pembacanya. Ibarat makanan, buku ini adalah cemilan, begitu renyah, bisa dijadikan teman ketika anda dalam perjalanan atau ketika anda sedang istirahat sejenak disela-sela kesibukan anda sehari-hari.

Luar biasa!! Harusnya buku ini diwajibkan di Indonesia”, demikian kata Drs. Supandi Halim, MM, seorang dosen dan pemerhati kewirausahaan di Jakarta. Sementara itu Ir. Henky Eko Sriyantono, MT, Owner Cak Eko Group mengatakan,”Praktis dan Informatif, buku ini layak dijadikan referensi bagi siapa saja yang ingin sukses bernisnis”.

Saya merekomendasikan anda untuk memiliki buku terbitan CV.Andi Offset, Yogyakarta ini. Saat ini, buku tersebut sudah tersedia di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung dan toko-toko buku lainnya di kota anda.

Selamat membaca, semoga bermanfaat !

***

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: