Skip to content

Resensi Buku : MUHAMMAD sebagai BISNISMAN ULUNG

August 17, 2011

Resensi Buku

MUHAMMAD sebagai BISNISMAN ULUNG

( Membongkar Rahasia Sukses Bisnis Nabi Muhammad saw )

Oleh : Bobby Rezza Pratama

Judul Buku      : Muhammad sebagai Bisnisman Ulung

(Membongkar Rahasia Sukses Bisnis Nabi Muhammad saw)

Pengarang      : J. Haryadi & Amirullah Syarbini

Kategori           : Non Fiksi

Ukuran             : 14 X 20.5 Cm

Halaman          : XVIII + 162 halaman

Cover              : Soft Cover

Penerbit           : Quanta (PT. Elek Media Komputindo)

Terbit               : 2011

Harga              : Rp.34.800,-

Buku berjudul “Muhammad sebagai Bisnisman Ulung” karya J. Haryadi dan Amirullah Syarbini ini berisi penjelasan tentang rahasia kesuksesan bisnis yang dijalankan oleh Nabi Muhammad saw. Di dalamnya diuraikan secara detail etika bisnis Muhammad saw, seperti jujur dalam menjelaskan produk, suka sama suka, tidak menipu takaran, ukuran dan timbangan, tidak menjelekkan bisnis orang lain, bersih dari unsur riba, tidak menimbun barang, tidak melakukan monopoli, mengutamakan kepuasan pelanggan, membayar upah pekerja sebelum keringatnya kering, teguh menjaga amanah, toleransi dalam berbisnis, bersikap adil dalam berbisnis, dan sebagainya.

Selain itu dibahas juga kiat-kiat sukses bisnis Muhammad saw, seperti : menggunakan manajemen yang andal; melakukan marketing (pemasaran) yang hebat; mengutamakan kepuasan pelanggan (customer satisfacation); pelayanan yang unggul (service execellence); amanah dan jujur (transparansi); pandai melihat pangsa pasar, visioner dan kreatif, disiplin dan kerja keras, berbisnis dengan kekuatan cinta; bersaing secara sehat; dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi (corporate social responsibility).

Buku karya Ketua dan Sekretaris Aliansi Penulis Indonesia (API) Jawa Barat setebal 162 halaman ini sangat layak digunakan sebagai acuan bagi para pebisnis muslim dalam menjalankan bisnis mereka. Didalamnya juga terdapat topik tentang : prinsip-prinsip bisnis dalam Islam; bisnis yang menguntungkan; bisnis yang merugikan dan praktek bisnis yang dilarang dalam Islam dikupas secara lengkap. Buku ini juga merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat dunia usaha yang sangat kekurangan referensi dalam memandu kegiatan bisnis mereka agar susuai dengan syariat Islam.

Beberapa tokoh Islam memberikan apresiasi atas terbitnya buku ini, diantaranya adalah Dr.H. Ahmad Tholabi Kharlie, M.A., seorang pemerhati entrepreneurship Islam dan Lektor Kepala pada Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Beliau mengatakan, “Dalam Islam, bisnis tidak sekedar meraih keuntungan materialan sich, tapi bagaimana ia mampu melahirkan ketenangan rohani dan kesejahteraan untuk sesama. Bisnis yang profesional, beretika dan mengusung nlai-nilai kemanusiaan adalah kata kuncinya. Buku ini berusaha memandu kita untuk berbisnis dengan landasan etik keagamaan –melalui keteladanan Rasulullah – agar terwujud kesejahteraan umat dalam arti yang sesungguhnya.

Tokoh lainnya Drs. Murni Rizal, M.Si, sekretaris PCNU Kabupaten Lampung Utara berpendapat, “Muhammad SAW merupakan sosok teladan bagi umat manusia, baik sebagai pemimpin umat Islam maupun sebagai pengusaha sukses dizamannya. Keberhasilan beliau tidak terlepas dari kecerdasan beliau melihat peluang bisnis dan bisa memanfaatkannya dengan baik. Disamping itu, sikap beliau yang santun dan amanah juga merupakan kunci sukses beliau dalam berbisnis. Buku ini adalah jawaban bagi pengusaha muslim yang ingin sukses berbisnis secara Islami.”

Masih banyak tokoh lainnya yang memberikan apreasi positif atas terbitnya buku ini dan mereferensikan pengusaha muslim untuk membaca buku ini seharga Rp.34.800 ini. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut isi buku terbitan Quanta, PT. Elek Media Komputindo ini, silahkan membelinya di jaringan toko buku Gramedia, Gunung Agung atau toko buku lainnya di kota anda.

Selamat membaca, semoga bermanfaat …!

***

3 Comments leave one →
  1. September 13, 2011 10:38 am

    Nice blog here! Also your site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my website loaded up as quickly as yours lol

  2. October 12, 2011 12:47 am

    Rosululoh S.A.W adalah Uswatun Hasnah dlm segala hal termasuk dlm berbisnis.

  3. February 20, 2014 11:45 pm

    Nomor kontaknya berapa? saya mau pesan buku: “Muhammad sebagai bisnisman Ulung”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: