Skip to content

Novel : Hubby La Vita Nova

June 11, 2011

Hubby La Vita Nova

Oleh : J. Haryadi

Rasanya belum pernah ada novel di Indonesia sebelumnya yang ber-setting pemilihan calon Paskibra yang begitu lengkap dan menarik seperti novel berjudul “Hubby La Vita Nova”. Novel buah karya Irfan L. Sar ini layak mendapatkan apresiasi karena penuh dengan nilai perjuangan, etika dan moral.

Kisah dimulai ketika seorang pemuda bernama Rafli yang berasal dari sebuah SMA di Cianjur berhasil mewakili daerahnya sebagai calon Paskibraka Jawa Barat. Ia bersama ke 3 temannya berjuang untuk memperebutkan posisi terhormat sebagai Paskiraka Jawa Barat tahun 2004. Tetapi sayang, ketiga temannya tidak berhasil kecuali Rafli seorang yang berhasil maju dan menjadi Paskibra tingkat Jawa Barat bersama 9 orang lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Dalam proses seleksi tersebut, Rafli yang mantan Ketua Osis ketika di SMP tersebut jatuh cinta kepada Jihan, temannya sesama peserta calon Paskibraka Jawa Barat. Gadis cantik berkulit putih, bertubuh langsing, tinggi dan berambut lurus kaku itu sudah berhasil menarik perhatiannya. Rafli tentu tidak salah dalam menilai cewek, karena hampir semua pria penghuni asrama paskibraka tersebut tertarik padanya. Ada perasaaan dosa dalam diri Rafli, antara cinta dan penghianatan, pergolakan batin yang sukar diukur pakai logika. Mengapa ? Karena nun jauh disana di daerah asalnya, Cianjur, Rafli masih menjalin hubungan dengan Gia, mantan pacar pertamanya ketika ia masih bercelana pendek biru. Sementara benih-benih cinta mulai bersemi bersama Jihan, bayangan Gia datang menghampiri seolah memprotes apa yang sedang terjadi.

Rafli, sang tokoh utama dalam novel ini adalah seorang pemuda dengan latar belakang keluarga yang kurang beruntung dari segi ekonomi. Ketika SMP, ibunya bekerja sebagai TKW ke Arab Saudi. Tetapi Rafli mempunyai prestasi yang gemilang di sekolahnya. Sejak kelas 3 SD ia selalu mendapat ranking 1 di sekolahnya. Bahkan selama SMP prestasinyapun tetap terpelihara, walau hanya masuk 3 besar di sekolahnya. Tapi tunggu dulu, ia juga aktif di OSIS dan menjadi ketuanya. Hobinya sepak bola terus terbawa sampai sekarang. Posisi kiper merupakan jabatan yang sering dipegangnya. Masih ada satu lagi, Rafli juga jago ngaji dan sudah menjadi guru ngaji untuk anak SD ketika ia kelas 1 SMP.

Cinta pertamanya kepada Gia sempat kandas akibat kekurangseriusannya menjaga sang buah hati. Gia sempat berpaling ke teman sekolahnya yang berwajah lebih ganteng darinya. Tapi tentu semua itu tak terlepas dari perbuatan Rafli sendiri yang kurang kuat memegang komitmen, maklum bukan hanya Gia yang dekat dengannya , tetapi masih ada 3 wanita cantik lainnya yang selalu berjuang mendapatkan Rafli. Wajar, disamping pintar, ketua Osis lagi sehingga daya pikat Rafli sangat luar biasa.

Jihan ternyata mempunyai kenangan yang buruk terhadap laki-laki. Ia pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan akibat pelecehan seksual dari pamannya sendiri. Kejadian itu telah membuat hatinya terluka dan dendam terhadap semua laki-laki. Oleh sebab itu, setiap kali ada lelaki yang mendekatinya dan ketika ia mulai jatuh cinta, maka ia akan melukai tangannya sendiri. Hal itu untuk menghindarinya dari jatuh cinta terhadap laki-laki. Begitu pula yang dilakukan Jihan ketika mulai mencintai Rafli. Itu semua dapat diketahui Rafli dari Keysya, teman satu kota Jihan yang sama-sam calon Paskibraka Jabar.

Tokoh lain yang tak kalah menariknya adalah kisah percintaan antara Saddam dan shakira yang ternyata mereka bersaudara. Sementara itu Shakira sendiri sebetulnya naksir sama Rafli, tetapi Rafli lebih tertarik dengan Jihan, walau dihatinya ada rasa sayang juga terhadap Shakira. Dasar play boy cap kuda nill, gak bisa melihat wanita cantik.

Kisah mengharu biru juga terjadi ketika Ayahnya Saddam datang ke Asrama untuk menjenguknya, dan tanpa disangka Shakira yang selama ini menjadi cewek idolanya ternyata memanggil Papa pada Ayahnya. Dia bingung dan gak habis pikir. Ternyata Ayahnya kawin lagi dengan wanita lain yang tak lain adalah ibunya Shakira. Ketika menjelang pelantikan Paskibraka, ibunya Saddam meninggal. Suatu pukulan bertubi-tubi yang sangat berat dan tidak banyak orang yang sanggup menghadapinya.

Apakah Rafli tega menghianati Gia, sang pacar dan cinta pertamanya ? Apakah Musa, saingan Rafli berhasil mencuri perhatian Jihan dan merebut hatinya ? Semuanya bisa anda lihat dalam novel yang dibandrol dengan harga Rp.45.000 dan bisa Anda dapatkan di toko buku Gramedia, Gunung Agung dan toko-toko buku kesayangan Anda.

Novel ini layak dibaca oleh kalangan remaja, mulai dari SMP, SMA dan mahasiswa. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari novel ini, seperti kedisiplinan, kejujuran, kesetiakawanan, kekompakan, percintaan dan kasih sayang. Rasanya novel ini akan lebih menarik lagi kalau sampai diangkat ke layar lebar. Saya yakin, karya Irfan L.Sar ini pantas untuk di filmkan. Semoga saja ada produser film yang tertarik untuk memvisualkannya.

* * *

2 Comments leave one →
  1. March 16, 2012 7:51 am

    CINTA MEMANG TERLALU INDAH.jangan engkau lepaskan lagi,.jaga cinta mu seperti engkau menjaga matamu.semoga cinta ini tumbuh untuk selamanya..untuk kita berdua,,!!!
    jangan perna engkau hiraukan cinta ku pada mu sayang.aku selalu menjagamu.di setiap hembusan nafas hidupku..kumau milikimu sampai akhir hayatku tiba,.

    SEFLI AKERINA

  2. March 16, 2012 7:59 am

    CINTA,,, kuberikan cintaku hanya untukmu selamanya.tidak ada yang bisa ku bagikan cinta ku untuk orang lain.karna engkau lah yang selalu ada dihatiku selamnya.
    …jangan engkau meninggalkan aku disaaat-saat aku sendiri.aku ingin kau selalu temani aku disetiap langkahku,,,semua ini kulakukan hanya untuk mu seorang diri karna engkau lah yang aku selalu impikan,,,didalam hidupku.i love you forever ( sulce masiru ) sayangku
    cuma engkaulah satu-satunya cintaku….aku harap engkau bisa membahagiakan aku sampai aku mati.semoga cinta kita abadi selamanya. ( sefli akerina )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: