Skip to content

Resensi Buku : TOKYO UNDERWORLD

July 3, 2010

Resensi Buku

“TOKYO UNDERWORLD”

Kisah Hidup Seorang Gangster Amerika di Jepang

Oleh : J. Haryadi

Judul Buku       : TOKYO UNDERWORLD

Pengarang       : Robert Whiting

Jenis Buku       : Fiksi

ISBN                 : 978-979-1924-02-3

Halaman         : 500 Halaman

Penerbit          : Kantera

Tahun Terbit   : 2010

Harga              :



Robert Whiting
adalah seorang penulis kelahiran New Jersey, Amerika (1942) yang pandai berbahasa Jepang dan dianggap ahli dalam 
kebudayaan Jepang kontemporer. Pengalamanya sebagai seorang jurnalis senior dan salah satu dari sedikit orang Barat yang bisa menjadi penulis kolom tetap di media Jepang,i telah menjadi kunci keberhasilannya dalam mengangkat kisah Nicola Zapetti.  Ia faham betul apa yang akan ditulisnya dan bagaimana mengemas tulisannya sehingga sangat menarik untuk dibaca. Apa saja yang ditulisnya menjadi begitu hidup, detil dan tajam sehingga pembaca merasa seolah-olah sedang diajak melanglang buana ke masa silam, masa dimana sang tokoh menjalani kehidupan dan petualangannya. Kiprah Robert Whiting yang begitu aktif dalam berbagai kegiatan di Jepang seperti menjadi komentator dalam film-film dokumenter tentang Jepang dan berbagai kegiatan lainnya telah menjadi referensi yang cukup bagi keahliannya dalam menuangkan cerita dahsyat di buku ini.

Nicola Zapetti, pemeran penting dalam buku ini adalah seorang mantan Sersan Marinir tentara pendudukan Amerika yang dibesarkan oleh Yakuza. Ia merupakan lelaki keturunan Amerika-Italia pertama yang berhasil menjadi Raja Roppongi dan Bos Mafia yang paling disegani di seantero Tokyo.

Bisnis Nicola Zapetti alias Nick Zapetti bermula di Ginza dengan membuka sebuah toko bernama “LANZO” yang menjual berbagai macam barang, mulai dari permen karet hingga perbankan ilegal. Usaha ini merupakan ladang penghasilan yang paling menggiurkan di masa pasca perang di Jepang yang melibatkan orang Jepang dan Amerika. Lelaki yang berasal dari perkampungan Yahudi di Harlan Timur itu ternyata sangat pandai menangkap peluang bisnis dalam situasi yang carut marut. Berkat kepiawaiannya dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada, tidak peduli legal atau ilegal, ia mampu menyulap dirinya dari keluarga miskin yang hidup serba kekurangan menjadi seorang pria kaya raya yang bergelimang harta dan kekuasaan.

Sebelum menjadi sukses, Zapetti berulang kali berurusan dengan CIA (Central Intelegence Agency), CID (Criminal Investigation Division) maupun aparat kepolisian Jepang akibat berbagai bisnis ilegal yang dilakukannya. Ia juga pernah sukses terlibat dalam bisnis kasino dan penukaran uang ilegal. Ketika usahanya bangkrut, ia rela melakukan apa saja agar bisa bertahan hidup, termasuk menjadi seorang pegulat profesional yang penuh dengan tipuan demi bayaran yang menggiurkan. Kisah yang cukup fenomenal adalah ketika Zapetti berkomplot dengan rekannya MacFarland yang bertubuh besar dalam sebuah perampokan berlian di Hotel Imperial. Kejadian tersebut telah menggemparkan seluruh Jepang dan menjadi pembicaraan hangat berbagai media. Akibat ulahnya ini membuat ia tertangkap dan kembali dijebloskan ke penjara.

Masih banyak kisah hidup bandit Amerika ini yang dikupas secara lugas dan mendalam dalam buku ini. Jika Anda merindukan sebuah buku bermutu yang didalamnya membahas berbagai hal kehidupan seperti takdir, harga diri, kegagalan, keberuntungan, semangat, tantangan, harapan dan mimpi, maka dengan membaca “Tokyo UnderWord” dijamin bisa mengobati kerinduan tersebut.

Karya Robert Whiting setebal 500 halaman ini sangat menarik untuk dibaca, terutama bagi penggemar kisah-kisah petualangan orang-orang besar yang penuh dengan tantangan. Tetapi masih ada faktor lainnya yang membuat buku ini pantas untuk dibaca, diantaranya adalah akibat sepak terjang Zapetti yang turut berpengaruh terhadap dunia perpolitikan di Jepang. Bisa Anda bayangkan bagaimana peran seorang bandit Amerika yang sering keluar masuk penjara tetapi mampu berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah Jepang sehingga berdampak terhadap perubahan demokrasi, ekonomi dan sekaligus kejahatan sebuah negara.

Buku ini akan mengajarkan banyak hal kepada Anda, terutama tentang kehidupan para gangster, penguasa korup, pengusaha licik dan tukang suap bisa hidup berdampingan yang selama ini misterius dan tidak terungkap. Sepak terjang mereka dikupas tuntas dalam buku ini, sehingga Anda bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Simak saja pendapat Mario Puzo, “ Sebuah sudut pandang yang sangat menarik dari orang-orang yang mengagumkan yang menunjukkan bagaimana demokrasi dan kejahatan berkembang dengan saling bergandengan tangan di Jepang”.

Jika anda tertarik dan ingin mengetahui sepak terjang  Nicola Zapetti secara lengkap,  segera miliki karya Robert Whiting yang dahsyat  ini dengan membelinya di toko buku Gramedia, Gunung Agung dan toko-toko buku kesayangan Anda.

Selamat membaca, semoga terhibur  !

* * *

One Comment leave one →
  1. July 3, 2010 4:08 am

    mantap,,,makasih infonya,,,salam hangat,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: