Skip to content

Resensi Buku : Cara Kreatif Mendidik Anak Ala Melly Kiong

January 24, 2010

Resensi Buku :

Cara Kreatif Mendidik Anak Ala Melly Kiong

Oleh : J. Haryadi

Judul: Cara Kreatif Mendidik Anak Ala Melly Kiong
Penulis:  Melly Kiong
Cetakan:  Pertama, Januari 2010
Tebal:   xxiv + 118 halaman
Penerbit:  Progressio Publishing

Siapa yang tak kenal Melly Kiong, seorang ibu rumah tangga biasa dan seorang wanita karir yang sukses mendidik anak dengan metode sederhana dan telah terbukti keampuhannya. Berkat karyanya, telah banyak ibu-ibu muda di seluruh Indonesia yang terinspirasi dan termotivasi mengikuti jejaknya. Tak ada lagi istilah wanita karir yang tidak bisa sukses mendidik anak kalau mereka mau belajar dari apa yang sudah dilakukan oleh ibu dua anak ini.

Setelah sukses meluncurkan buku pertamanya yang berjudul “Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak dengan Baik ?” (Elex Media Komputindo, 2008), kini peraih penghargaan Muri (Januari 2009) atas rekor “Ibu Rumah Tangga Sektor Publik penulis buku Pedoman Parenting untuk para Ibu Rumah Tangga Sektor Publik”  tersebut kembali menerbitkan bukunya dengan judul “Cara Kreatif Mendidik Anak Ala Melly Kiong”. Penggagas komunitas “Peduli Anak Bangsa” yang dimulai dari rumah itu kembali berbagi kepada ibu-ibu muda mengenai pengalamannya sebagai seorang wanita karir yang sukses dalam mendidik anak-anaknya.

Karya Melly Kiong ini memang luar biasa dan bisa mencetak sukses seperti buku pertamanya. Beberapa tokoh penting angkat bicara mengomentari buku parenting terbaik di Indonesia tersebut, seperti CEO Garuda Food, Jaya Suprana, artis Shahnaz Haque dan beberapa tokoh publik lainnya.

Menurut Munif Chatib (pakar Multiple Intelligence), “Buku ini memberikan panduan praktis kepada orang tua untuk bekerja sama dengan anak-anaknya agar mereka kreatif, mampu menyelesaikan masalahnya sendiri, dan akhirnya membentuk self image positif. Saya percaya orang tua yang mempraktikkan isi buku ini akan berbahagia kala mendapatkan anak-anaknya menjadi manusia yang cerdas.”

Sementara itu Nina Marlina, M.Pd, salah seorang praktisi Pendidikan Anak Usia Dini di Bandung mengatakan, “ Buku ini merupakan salah satu buku yang wajib dibaca oleh wanita karir yang selama ini merasakan kesulitan mengatur waktu yang tepat dalam mendidik putra-putri mereka. Melly Kiong sangat cerdas dalam menerapkan metode pendidikan kepada anak-anaknya, walau dengan cara yang sederhana namun pratis dan terbukti hasilnya.

Kegagalan pendidikan anak di rumah, bukan semata-mata karena kurangnya kasih sayang orang tua pada anak melainkan karena kebanyakan orang tua tidak tahu caranya, terutama cara mendidik anak yang efektif , praktis dan efisien. Pengalaman mendidik putra-putranya selama 10 tahun yang sangat kreatif dituangkannya dalam buku ini dengan gamblang.

Dalam buku setebal 118 halaman ini, Melly mencoba berbagi tentang bagaimana cara kreatif membangun mental berusaha, menumbuhkan kepedulian pada sesama, binatang, dan lingkungan serta mendorong perbuatan baik, serta membuat suasana bersaudara yang rukun dan damai. Pada bagian akhir, dengan sangat kreatif Melly memberi contoh bagaimana mengapresiasi anak-anaknya serta mengingatkan hal-hal yang tidak baik dilakukan orang tua pada anak-anak di rumah.

Sesuai judulnya, kekuatan buku ini terletak pada kreativitas cara mendidik yang telah dilakukan Melly. Pembaca yang orang tua akan dimanjakan dengan contoh-contoh yang dapat dipraktikkan langsung dan kemudian akan menjadi terampil dalam menggali pesan-pesan moral dalam setiap aktivitas keseharian mendidik anak-anak di rumah. Melly juga meneladankan cara komunikasi yang hangat, seimbang, dan penuh pembelajaran dalam setiap dialog dalam mendidik anak-anaknya.

Memang, kunci pendidikan yang efektif salah satunya ada dalam komunikasi antara orang tua dan anak. Untuk hal sangat penting ini, buku ini menyajikannya dengan sangat unik yaitu dikemas dalam bentuk komik. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan pemahaman dan melekatkan pesan dengan kuat pada benak pembaca. Buku ini juga ditata letak dengan kreatif sehingga tidak akan membosankan walau topik-topik pendidikan keluarga yang ingin disampaikan tidak dapat dikatakan ringan. Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik serta foto-foto kegiatan pendidikan Melly, buku ini sangat tepat dijadikan pedoman pengasuhan di rumah.

Bagi Anda yang membutuhkan buku tersebut, harap bersabar…..Insya Allah  dalam waktu dekat segera beredar di jaringan toko buku Gramedia dan toko-toko buku kesayangan Anda.

* * *

7 Comments leave one →
  1. melly kiong permalink
    January 25, 2010 12:10 am

    Wow, sebuah resensi yang ditulis dengan hati yang sangat dalam.Terima kasih Pak, saya yakin akan memberikan kontribusi dalam semangat kita bersama untuk merubah mental dan moral anak bangsa.Buat teman teman yang baca dan peduli mari kita hand on hand, kita merahkan Indonesia dengan semangat kepedulian bersama.Mari kita mulai dari sekarang.

  2. Srie ryanty permalink
    January 26, 2010 3:05 am

    ^.^

  3. irma permalink
    January 26, 2010 3:38 am

    ga sabar nunggu bukunya launch niy, bu Melly….earlier is better ya, bu…
    Hope we can get it on 30th January…he he hee…ngarep.com

  4. January 26, 2010 3:04 pm

    As much as I can understand right now, I think you’re right!

  5. February 17, 2010 11:22 pm

    Pak Ari bagus ya Headernya…..ayo lebih giat lagi meresendi…..

  6. June 21, 2010 3:06 pm

    memang bagus bukunya..

  7. yanti permalink
    June 7, 2011 3:04 am

    woow… saya harus membacanya!! ! Kebetulan tadi pagi diperjalanan menuju ke kantor setelah mengantar anak ku ke sekolah (karean sedang pingin diantar saya tidak mau ikut antar jemputnya) saya mengalami kemacetan yang panjang dan dan melelahkan. Truss ketika sedang mendengarkan radio, saya dengan Bu Melly dalam acara tersebut. Langsung dech saya browsing buku – buku tersebut.
    Saya harus dapat mempraktekannya … untuk kebaikan dan masa depan anak saya.

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: