Skip to content

Resensi Buku : Be A Good Public Speaker

December 30, 2009

Be A Good Public Speaker

“Teknik Dahsyat Menjadi Pembicara Hebat”

Oleh : J. Haryadi

Sebagai seorang praktisi yang cukup berpengalaman dibidang Public Speaker, buku karya H. Amirulloh Syarbini ini sangat menarik untuk dibaca. Sepak terjang H. Arul, demikian nama populernya, sebagai seorang pembicara muda berbakat  tentu tidak diragukan lagi. Pengalamannya selama ini sebagai pembicara, da’i dan juga penulis dituangkannya secara sistematis dalam buku ini secara step by step sehingga mudah diikuti dan dipraktekkan oleh siapa saja yang berminat mengembangkan diri menjadi seorang public speaker. Buku ini telah mampu menyuguhkan teknik-teknik dahsyat untuk menjadi seorang pembicara hebat.

Mungkin tidak salahnya kita menyimak pendapat Prof.Dr.Supiana, seorang public speaker dan praktisi pendidikan yang menyatakan,”Berbicara di depan umum memang tidak mudah, tetapi dengan membaca buku ini Insya Allah menjadi lebih mudah”.

Lain lagi pendapat Prof.Dr.Kahar Mudzakar Hasbi, guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, beliau berpendapat,”Dua hal yang ingin dikuasai banyak orang; kemampuan menulis dan keahlian berbicara. Buku ini seperti menyajikan keduanya, karena ditulis oleh orang yang ahli berbicara”.

Sementara itu, Rudiana, salah seorang Trainer Be A Genius People mengatakan,” Jika Anda masih takut dan cemas berbicara di depan umum, baca buku ini ……dijamin Anda menjadi berani !

Drs. H. Chusaeri, M.Si, Pembantu Rektor IV Untirta Serang berpendapat,” Buku ini bisa dijadikan untuk belajar berbicara bag pemula, seperti mahasiswa dan pelajar. Teknik-teknik yang ada dalam buku ini sangat mudah untuk dipraktekkan”.

Buku setebal 121 halaman karya pemuda asal kota baja Cilegon, Banten ini dibagi menjadi 3 bagian. Pada bagian pertama, The Power of Public Speaking, dibahas mengenai Pengertian Public Speaking, Unsur-unsur apa saja yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang public speaking, Pengaruh atau dampak yang dihasilkan jika berhasil menjadi seorang paublic speaking serta yang tak kalah menariknya adalah Biografi singkat para Public Speaker Hebat Indonesia.

Anda bisa belajar sejarah para tokoh yang telah dikenal luas kepiawaian mereka sebagai seorang public speaker yang handal seperti Andrie Wongso, Ary Ginanjar Agustian, Tung Desem Waringin, Mario Teguh, Yusuf Mansur, Abdullah Gymnatsiar (A’a Gym) dan Andreas Harera. Mereka adalah para public pigur yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan dan kedahsyatan mereka berbicara di depan umum. Banyak hal bisa anda pelajari dengan membaca kisah singkat perjalanan karir mereka sehingga bisa membuat Anda terinspirasi dan tidak mustahil Andapun suatu saat bisa seperti mereka.

Pada bagian kedua buku ini diberi sub judul The Technical of Public Speaking. Ini merupakan bagian terpenting, karena pada bagian inilah dibahas mengenai teknik-teknik Public Speaking secara step by step, mulai dari Tahap Persiapan, yang merupakan bagian terpenting bagi kesuksesan Public Speaking. Tujuannya adalah untuk membangun rasa percaya diri, melenyapkan demam panggung, memuaskan audience dan mendapatkan kepuasan pribadi karena mampu mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan baik.

Tahap berikunya adalah Penyusunan Pesan (Message Organization), dimana pada bagian ini diulas tentang bagaimana cara menarik perhatian pendengar. Anda akan diajarkan bagaimana cara memulai pembicaraan Anda di depan publik (The Opening), Cara menyampaikan isi (materi) dari pidato Anda dan cara melakukan penutupan pembicaraan (The Closing). Semua rahasianya dijelaskan oleh H. Arul secara jelas, ringkas dan tuntas.

Tahap yang tak kalah menariknya adalah Tahap Penyampaian (Delivery). Seorang public speaker harus mampu menguasai teknik-teknik khusus yang disebut “Tujuh Rukun” penyampaian pesan, yaitu penguasaan teknik Artikulasi, Nada, Tempo, Volume, Kontak Mata, Bahasa Tubuh dan Humor.

Bagian ke tiga atau bagian Akhir buku ini diberi sub judul The Solution of Speechophobia. Istilah tersebut biasanya dipakai untuk menyatakan orang yang mengalami kecemasan berbicara atau berpidato di depan umum atau bahasa kerennya “Demam Panggung”. Anda bisa mempelajari bagaimana cara mengatasi hal tersebut. H. Arul sangat pandai mengupasnya secara mudah dan sederhana. Ia menjelaskan apa penyebab demam panggung tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar secara praktis tentang jalan pintas menjadi seorang pembicara hebat saya rekomendasikan untuk memiliki buku ini. Buku yang diterbitkan oleh Basmalah Communication ini bisa Anda dapatkan dalam waktu dekat di toko-toko buku terkenal di kota Anda dengan harga Rp.30.000. Tetapi, dalam masa promosi buku tersebut bisa anda dapatkan dengan potongan 20% khusus untuk 100 pembeli pertama. Bagi Anda yang ingin memiliki buku ini bisa juga menghubungi :

Basmalah Communication

Jl. Cijerah No.99 Bandung 40212

Telp.022-02869342

Email : proexpert.66@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: