Skip to content

Resensi Novel : Daughter of Fortune

December 28, 2009

Daughter of Fortune : Putri Keberuntungan

Oleh : J. Haryadi

Dimensi: 13.5 x 20 cm
Tebal: 552 halaman
Cover: Soft Cover
ISBN: 978-979-22-5235-4
Kategori: Fiksi dan Sastra / Novel / Novel Terjemahan
Pengarang : Isabel Allende

Nasib tragis dialami Eliza Sommers, ia ditakdirkan sebagai anak yatim piatu sejak dilahirkan. Tapi keberuntungan masih berpihak padanya, Miss Rose, seorang wanita perawan tua dan saudaranya Jeremy telah bersedia merawat dan mengadobsinya sebagai anak angkat.

Sejak kecil Eliza terbiasa dididik dengan penuh kedisiplinan dan dipersiapkan untuk menjadi seorang wanita bangsawan. Keluarga Sommers adalah warga pendatang dari Inggris yang membuka usaha di Valparaíso, Chile, sebuah kota kecil koloni Inggris. Eliza tidak pernah tahu siapa orang tuanya, yang dia tahu hanyalah Miss Rose dan Mama Fresia, pengasuhnya.

Menjelang remaja, ketika usianya menjelang 16 tahun, Eliza jatuh hati pada Joaquin Andieta, seorang pemuda Chile yang tampan yang bekerja sebagai pegawai rendahan di perusahaan Jeremy. Gayung bersambut, mereka berdua lalu berpacaran secara secara sembunyi-sembunyi. Suatu malam, tanpa meninggalkan pesan sedikitpun, Joaquin meninggalkan Eliza yang tengah hamil muda dan pergi bertualang mengadu nasib ke California. Saat itu gencar pemberitaan tentang adanya tambang emas di California yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja termasuk kekasih Eliza yang bermimpi menjadi jutawan. Ketika sadar dirinya telah hamil akibat hubungan gelap mereka, Eliza pun nekat menyusul sang kekasih ke Amerika.

Atas bantuan Tao Chien, seorang tabib Cina mantan awak kapal Kapten John Sommers, Eliza menjadi penumpang gelap, berlayar menuju benua Amerika. Bagi Eliza yang sedang hamil muda, perjalanannya tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah melainkan penuh liku dan perjuangan. Demi menyelamatkan dirinya dari lingkungan yang liar, terpaksa ia harus menyamar menjadi seorang pria.

Eliza terus bertuangan dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencari keberadaan sang kekasih. Tetapi apa yang didapatnya ternyata jauh dari harapan. Ia mendengar Joaquin telah berubah menjadi seorang bandit yang terkenal kejam dan berkeprimanusiaan.

Buku setebal 552 halaman karya Isabel Allende ini pantas dibaca para penggemar novel klasik. Kisah dalam novel ini dibagi menjadi tiga rentang tahun yang menggambarkan Eliza sebagai tokoh sentral dan latar belakang Miss Rose serta tabib Tao Chien yang baik hati. Sekilas tampak kisah dalam novel ini tak jauh dari kisah roman pada umumnya dimana percintaan telah membuat orang menjadi lupa diri, bahkan melakukan tindakan yang diluar logika. Hal ini bisa kita lihat bagaimana seorang gadis kecil berusia 16 tahun nekat mengejar sang kekasih sendirian ke negeri yang sangat jauh.

Kisah percintaaan dan petualangan sang tokoh, Eliza dalam menemukan cinta sejatinya penuh dengan liku-liku dan mendebarkan. Perjalanannya untuk mencari sang kekasih perlahan berubah arah, sampai akhirnya Eliza harus memutuskan siapa cinta sejatinya. Belakangan akan terungkap juga indentitas Eliza yang sebenarnya.

Hal yang cukup menarik menarik di sini adalah cover novel ini, yang menggambarkan foto diri Eliza Sommers di usia yang lebih dewasa. Sosok yang cantik, tapi seolah menampakkan kekerasan hatinya.

Novel Daughter of Fortune adalah potret dari sebuah era, sebuah kisah yang kaya karakter, sejarah, kekerasan, dan kasih sayang. Isabel Allende sang penulis telah berhasil menciptakan seorang pahlawan yang sanggup mengarungi sebuah petualangan yang liar, berpikiran mandiri, sosok wanita muda yang memiliki keberanian untuk menemukan kembali dirinya dan menciptakan nasib sendiri di negeri yang baru. Isabel Allende memang memiliki kemampuan luar biasa dalam menulis fiksi dan sudah sepantasnya kalau dia ditempatkan sebagai salah satu penulis terkemuka di dunia.

Nah, bagi Anda yang ingin membaca cerita lengkapnya dapat membelinya di jaringan toko buku Gramedia atau toko buku lain di kota Anda.

* * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: