Skip to content

Resensi Buku : Microsoft Office Word – Design Explorer

August 7, 2012
Image
Resensi Buku
Microsoft Office Word- Design Explorer
Oleh :INDScript Creative
Judul  Buku: Microsoft Office Word – Design Explorer
Pengarang : Apriyanti Larenta
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2012
Cetakan : I. Juni 2012
Tebal buku : xii, 252 halaman
Harga: Rp60.800,-
Umumnya, setiap buku Microsoft Office Word yang ada  mengupas tuntas berbagai fasilitas yang terdapat pada aplikasi Office Word secara keseluruhan guna memudahkan pembacanya dalam proses pekerjaan dokument. Namun, buku ‘Microsoft Office Word- Design Explorer’ini lebih menekankan pembahasan tools HANYA terkait desain yang ada pada WORD. Jadi, sedikit ‘menyimpang’ dari buku bertemakan Microsoft Office Word lainnya.Namun justru itulah kekuatan nyata dari buku ini. Karena buku ini jelas ingin menonjolkan WORD dari sisi art-nya, yang selama ini jelas terabaikan.
Namun seperti pada buku-bukunya yang lain, tampaknya penulisnya Apriyanti Larenta, mengkhususkan diri dalam penulisan Microsoft Office Word bertemakan Desain, dengan menggunakan metode desain simple hasil penemuannya sendiri! Terbukti, dalam setiap buku karyanya yang lain, yaitu:  Beautiful Design With Microsoft Word – Tip dan Trik Huruf Untuk Design, Microsoft Word For Design , Creative With Microsoft Office Word adalah sangat kental menonjolkan fungsi desain dari Microsoft Office-WORD. Termasuk buku terbaru karyanya, ‘Microsoft Office Word-Design Explorer’ini.
Namun dibanding buku-buku terdahulu karya penulis tersebut di atas yang bersifat tutorial dan praktek langsung, buku ini lebih menekankan teori. Artinya, pembaca akan lebih mendalami dan memahami penggunaan tools, yang jika dikuasai akan memahirkan pembacanya terkait optimalisasi hasil desain secara teknis.
Uniknya, pembahasan teori hanya difokuskan pada teori untuk desain, bukan teori WORD pada umumnya. Terlebih unik juga karena buku ini menawarkan cara mendesain dengan menggunakan huruf. Point ini membuat buku ini lagi-lagi sangat beda dibanding buku bertemakan Office WORD lainnya.Walau sebetulnya, metode penggunaan huruf  adalah metode sama yang ditawarkan di buku – buku karya Apriyanti Larenta sebelumnya.
Pembeberan fungsi tools untuk proses desain dibahas secara detil, hingga pengetahuan yang ditawarkan lewat buku ini, takkan ditemukan di buku WORD lain mana pun. Jadi buku ini mungkin satu-satunya Office Word yang mengupas tuntas teori untuk keperluan desain secara detil.

Dan buku ini kian menarik untuk dipelajari, sebab selain teori unik, pada bagian lain pembaca juga disuguhkan beragam ide-ide  inspiratif terkait penyusunan teks secara Aestetik. Belum lagi ada bagian akhir di buku ini, “Bab 6-Latihan” yang akan mengajak pembacanya berpetualang dalam eksperimen desain. Ya…setelah mempelajari teorinya.., lalu memraktekkan teori yang telah di dapat dengan ‘LATIHAN’. Jadi buku ini memang ideal untuk dipelajari. Juga perlu dikoleksi bagi pembaca buku-buku desain dengan Microsoft Office Word.  Sebagai buku pelengkap dari buku-buku karya Apriyanti Larentaguna perluasan inspirasi, trik dan ide desain dengan menggunakan huruf. Plus pemahaman teori yang lebih luas. Jadi buku ini perlu dimiliki, jika Anda ingin mahir mendesain dengan Office WORD.

Buku cantik terbitan PT. Elex Media Komputindo ini bisa Anda dapatkan di seluruh jaringan TB. Gramedia di seluruh Indonesia.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: