Skip to content

Resensi Buku : Marketing Bahlul

February 3, 2010

Resensi Buku
MARKETING BAHLUL
Oleh : J. Haryadi

Mungkin tak banyak orang yang tahu makna kata “Bahlul”. Terus terang saya sendiri baru mengetahuinya setelah membaca buku “Marketing Bahlul” karya Muhammad Syakir Sula ini. Rupanya penulisnya sengaja mengangkat kata tersebut agar punya nilai jual dan membuat orang penasaran ingin mengetahuinya. Tapi langkah tersebut ternyata cukup jitu. Saya pun tergoda untuk mengintip isi buku ini karena memang penasaran ingin melihatnya. Tetapi saya tidak menyesal telah membelinya karena memang buku ini sangat menarik dan cukup menggelitik bagi siapa saja yang membacanya.

Kata “bahlul” berasal dari bahasa Arab. Akar katanya bahlala yang artinya sesuatu yang batil atau sesat. Bahlul sendiri sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menyatakan orang yang berkelakuan rada-rada aneh atau pandir (kurang kemampuan berpikirnya). Tetapi dalam pergaulan sehari-hari di dunia bisnis, pengertian “bahlul” tidaklah demikian. Umumnya orang mengartikan bahlul itu adalah orang yang berprilaku bandel, nakal, cuek, rada bego dikit dan berbagai atribut negatif lainnya. Kita-kira seperti itulah yang dimaksud bahlul di buku ini.

Melihat sampulnya yang sedikit jenaka, memang kelihatannya buku ini bisa disebut semi serius. Saya sebut demikian karena kalau ditela’ah dari judulnya saja sudah mau mengundang tawa, walau semula mungkin kita tak tahu apa maknanya. Sementara ilmu marketing sendiri bukanlah ilmu mainan, melainkan suatu bidang ilmu yang harus dipelajari dengan serius. Betapa tidak, ujung tombak penjualan suatu produk ada pada bagian marketing. Dengan kata lain, mati hidupnya sebuah perusahaan sangat tergantung bagus tidaknya peran manajer marketing berikut pasukan tempurnya.

Kalau anda bermimpi akan menemui berbagai teknik dan strategi marketing yang bisa membuat dahi anda berkerut, Anda salah besar ! Anda tidak akan menemukannya dibuku ini. Tapi kalau anda ingin belajar marketing dengan teknik yang rada “nyeleneh” dan tidak dipelajari dibangku kuliah, kayaknya pilihan anda sudah tepat, buku ini adalah jawabannya !

Sebagai seorang pakar marketing syariah, praktisi sekaligus pakar asuransi syariah, Syakir Sula juga dikenal luas sebagai pembicara seminar, penulis kolom dan buku yang cukup produktif. Melihat latar belakangnya tersebut rasanya agak janggal kalau buku yang dibuatnya justru mengenai marketing bahlul, bukan marketing syariah yang telah menjadi bidangnya. Kita mungkin cukup surprise atas apa yang dilakukannya ini. Tetapi rupanya justru dia ingin berbagi kepada para pembaca tentang sisi lain dari sepak terjangnya selama ini sebagai seorang marketing syariah papan atas berkelas internasional.

Pendiri dan mantan Ketua umum AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia) ini lebih banyak memaparkan pengalamannya yang banyak berhubungan dengan para marketing tingkat atas negeri ini, bahkan manca negara. Liku-liku hidupnya yang sering bersentuhan dengan dunia gemerlap dalam melobi kolega bisnisnya yang banyak “nyerempet” bahaya ini dia tuangkan secara apik dan santai, sehingga enak dibaca dan mudah dicerna oleh siapa saja yang membacanya.

Bukan Syakir namanya kalau tidak pandai bergaul. Kehidupan kaum jetset yang serba gemerlap, bertabur uang, alkohol, narkoba dan wanita ia lalui tanpa membuat dirinya terjerumus ke lembah hitam tersebut. Justru uniknya Syakir bisa tetap eksis menjadi “orang aneh” diantara para manajer marketing yang biasa senang berpesta tersebut, bahkan terkadang dia berani berdakwah dengan gaya kaum “bahlul” tanpa membuat orang yang dia dakwahi menjauhinya. Dia terkadang menjadi obor diantara gelapnya hati para bahlul yang bergelimang harta tersebut. Mantan Eksekutif di asuransi, bank dan sekuritas ini memang sangat piawai bergaul dengan berbagai kalangan. Dari mulai raja kandang (eksekutif puncak di indonesia), pengusaha top negeri Jiran sampai milyarder dari tanah Arab adalah teman gaulnya. Itulah kelebihan lelaki kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan tersebut.

Beberapa tokoh penting memberikan testimoni terhadap buku “Marketing Bahlul” ini. Seperti pendapat Dr. Muhammad Syafi’i Antonio (Chairman Tazkia Group), “Marketing adalah seni menjual dan strategi mempengaruhi yang sangat kompleks, tak heran banyak orang ‘menghalalkan segala cara’ (bahlul way) untuk menggaet customer. Saudara Syakir menyelami serba-serbi kebahlulan tersebut dan menawarkan alternatif secara jitu dan cerdas, dengannya kita dicintai nasabah juga dicintai Allah Swt”.

Lain lagi pendapat KH. Ma’ruf Amin (Ketua MUI Bidang Fatwa) mengatakan, “Semula saya sempat ragu memberi komentar dalam buku ini, tapi setelah saya baca solusi syariahnya, dan saudara Syakir menceritakan sekilas tentang isinya, kesimpulan saya buku ini penting dibaca. Insya Allah bermanfaat, baik baik bagi mereka yang sudah terjerumus ke prilaku moral yang menyimpang dalam bisnis, maupun bagi yang baru mulai coba-coba. Ini bentuk lain dari da’wah bil hi’mah. Saya do’akan buku ini tidak menjadi ‘tuntunan’ untuk maksiat, tapi menjadi tuntunan menghindari maksiat !”.

Bagi anda yang senang dengan dunia marketing, baik pelajar, mahasiswa, praktisi bisnis maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui ilmu marketing “edan” alias “bahlul”, buku setebal 369 halaman ini layak anda koleksi. Buku terbitan Srigunting, Jakarta ini bisa anda dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda.

Selamat membaca, semoga bermanfaat !

* * *

About these ads
6 Comments leave one →
  1. Agus Hamdani permalink
    February 4, 2010 10:55 am

    Siiiiiiiiiipppp lah Pak……lanjutkan..and tumbnail lah pokok’e

  2. February 9, 2010 9:26 am

    salam kenal pak ^^ semoga bisa terus berbagi info tentang buku

  3. February 12, 2010 7:53 am

    Trimakasih…salam persahabatan juga dari Saya !

  4. September 22, 2011 8:45 am

    salam kenal, terimakasih untuk infonya

  5. April 8, 2014 1:53 pm

    gimana cara beli bukunya pak…….

    • April 17, 2014 3:36 pm

      Maaf, Saya tidak menjual buku tersebut. Saya hanya menulis resensinya. Anda bisa mencarinya di Toko Buku Gramedia, atau bisa mencoba mencarinya di Toko Buku Online.

      Terima kasih ya sudah mampir di blog saya.

      Salam,

      J. Haryadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: